4 Jenis Penjilidan Buku di Azagi Print yang Sering Digunakan 2

4 Jenis Penjilidan Buku di Azagi Print yang Sering Digunakan

Di ranah percetakan, ada berbagai jenis penjilidan buku yang kerap digunakan. Dimana jenisnya semakin bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi. Teknik penjilidan buku juga tidak mutlak, melainkan memiliki fungsi dan manfaat masing-masing. Sehingga, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Teknik penjilidan buku yang berbeda akan menghasilkan image yang berbeda. Seperti pada buku dengan hard cover yang mampu memberikan kesan eksklusif dan mewah. Sehingga, banyak yang merasa tertarik untuk melihat, membuka, bahkan memilikinya.

Nah, bagi pelajar, mahasiswa, hingga pengusaha percetakan, penting sekali untuk mengetahui berbagai jenis penjilidan buku. Sehingga, tidak salah menyebutkan tekniknya saat memesan atau membuatkannya. Berikut ulasan lengkapnya!

Jenis Penjilidan Buku yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jenis Penjilidan Buku di Azagi Print yang Sering Digunakan 3

Dari sekian banyak penjilidan buku, beberapa jenis di bawah ini harus kamu ketahui!

Saddle Stiching Binding

Jenis penjilidan buku yang satu ini tentu yang paling sering kamu temui. Contohnya ada di buku tulis atau LKS yang ada digunakan untuk mengerjakan tugas. Nah, teknik penjilidan saddle stiching ini memanfaatkan kawat (staples) pada bagian tengahnya.

Cara melakukan penjilidan saddle stiching adalah melipat kertas jadi dua bagian, baru memberikan kawat pengikat di bagian tengahnya.

Jenis penjilidan buku yang satu ini adalah yang paling mudah sekaligus murah. Serta bisa diterapkan pada jenis buku yang menggunakan sampul soft cover. Jilid kawat hanya dapat digunakan pada buku dengan 8 sampai 48 halaman saja.

Comb Binding

Comb binding sering disebut dengan jilid spiral. Jenis penjilidan buku yang satu ini populer untuk jenis buku tulis. Mulai dari buku catatan, buku kerja, dan buku catatan. Nah, tujuan menggunakan spiral supaya halaman buku tidak rontok. Akan tetapi, kekurangannya, halaman yang berlawanan bisa bergeser sedikit.

Cara melakukan penjilidan spiral adalah dengan melubangi bagian tepi halaman. Kemudian, lembaran buku dimasukkan pada roll spiral. Roll yang dipakai bisa menggunakan plastik ataupun kawat. Buku dengan penjilidan spiral dapat dibuka dengan rotasi 360 derajat.

Jilid spiral dapat diaplikasikan pada sampul soft cover atau hard cover. Namun, tidak disarankan untuk buku dengan ratusan halaman. Karena dapat mengurangi tepi halaman, maka desain layout-nya jangan terlalu menjorok ke tepi.

Perfect Binding

Jenis penjilidan buku yang selanjutnya adalah perfect binding dimana tekniknya memakai lem panas. Jadi, satu sisi lembaran kertas disayat memakai pisau sehingga ada celah bagi lem untuk bisa masuk dengan sempurna. Lembaran kertas pun akan saling merekat satu sama lain.

Ada dua macam binding pada jenis ini, yakni jilid lem dan jahit benang plus lem. Penjilidan jahit plus lem memiliki sifat yang unggul dan tahan lama. Paling cocok diaplikasikan untuk buku dengan jumlah halaman yang banyak seperti pada laporan tahunan, novel, majalah, skripsi, dan buku tahunan.

Screw Binding

Pada screw binding, penjilidan dilakukan memakai baut agar lembaran buku dapat menyatu dengan sempurna. Sehingga, jenis penjilidan buku yang satu ini disebut dengan jilid baut.

Prosesnya adalah melubangi kertas dari halaman pertama sampai halaman terakhir. Baru kemudian disatukan memakai baut. Setelah itu, kencang kan hingga benar-benar kuat.

Jenis penjilidan screw binding kerap dipakai untuk katalog warna, hard cover, hingga buku menu.

Jilid Buku Terbaik di Azagi Print!

4 Jenis Penjilidan Buku di Azagi Print yang Sering Digunakan 4

Setelah tahu mengenai berbagai jenis penjilidan buku, pastinya kamu bisa menentukan jenis penjilidan apa yang paling tepat untuk jenis buku yang akan dibuat.

Sekarang, tinggal menentukan, percetakan mana yang cocok untuk menjilid buku dengan teknik terbaik. Nah, kamu bisa percayakan Azagi Print untuk membuat jilid buku yang rapi. Yuk, segera hubungi Azagi sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *